Sejarah Mesin KasirMesin Kasir | Cash Register pertama kali ditemukan oleh James Ritty setelah Perang Saudara Amerika. Dia adalah pemilik sebuah bar di Dayton, Ohio, Amerika Serikat, dan ingin menghentikan karyawan dari pencurian keuntungannya. Dia menemukan Ritty Model I pada 1879 setelah melihat sebuah alat yang penghitung revolution propeller pada kapal uap. Dengan bantuan John Ritty, saudaranya, ia mematenkan penemuannya pada tahun 1883.
Cash Register pertama sepenuhnya mekanis, tanpa tanda terima. Karyawan diminta untuk menelepon setiap transaksi yang di register, dan ketika total kunci didorong, laci dibuka dan bel akan berdering, mengingatkan manajer bahwa penjualan sedang berlangsung. Mesin Kasir yang sangat sederhana.


National Cash Register dibangun untuk pedagang di Nové Město nad Metují, Austro-Hungaria, 1904Mesin Kasir jaman dulu
Tak lama setelah patennya, Ritty menjadi kewalahan dengan tanggung jawab menjalankan dua bisnis, sehingga ia menjual seluruh kepentingannya di bisnis kasir untuk Jacob H. Eckert dari Cincinnati, penjual porselen dan barang pecah belah, yang membentuk Perusahaan Manufaktur Nasional. Pada tahun 1884 Eckert menjual perusahaan untuk John H. Patterson, yang berganti nama perusahaan Nasional Cash Register Company dan ditingkatkannya fasilitas kasir dengan menambahkan gulungan kertas untuk mencatat transaksi penjualan, sehingga menciptakan tanda terima. Tujuan asli dari penerimaan tanda terima  adalah meningkatkan perlindungan pemasukkan kas. Pemilik bisnis bisa membaca tanda terima untuk memastikan bahwa yang dibebankan ke pelanggan adalah dalam jumlah yang benar untuk setiap transaksi dan tidak menggelapkan kas dalam laci Mesin Kasir.
Pada tahun 1906, saat bekerja di perusahaan National Cash Register, penemu Charles F. Kettering merancang kasir dengan motor listrik.


Berbagai jenis cash register modern.

Seorang desainer terkemuka, pembangun, produsen, penjual dan eksportir cash register pada 1950-an sampai tahun 1970-an yang berbasis di London (dan kemudian Brighton)  Gross Cash Register Ltd, didirikan oleh saudara Sam dan Henry Gross . Cash Register mereka sangat populer sekitar waktu decimalisation di Inggris pada awal tahun 1971, Henry telah merancang salah satu model yang dikenal beberapa Mesin kasir yang bisa beralih mata uang dari £sd ke £p sehingga pengecer bisa dengan mudah berubah dari satu ke yang lain pada atau setelah Decimal Day. Sweda juga memiliki Cash register Ready Decimal di mana pengecer menggunakan kunci khusus pada saat Decimal day untuk konversi.

Hingga kini telah berkembang menjadi Mesin Kasir Modern, beberapa merk terkenal antara lain : Sharp, Casio, Samsung, Sam4s, dan sebagainya telah membanjiri pasar Mesin Kasir dunia

 

(sumber, wikipedia.org)